rianiputri

Gagal itu urusan nanti. Yg terpenting, kita berani untuk mencoba dan mencoba!

ANALISIS ARTIKEL TENTANG BAGAIMANA CARA MEMBANGUN KARAKTER ANAK USIA DINI

Tinggalkan komentar

ankkkkkkkkkkkkkk

ANALISIS ARTIKEL TENTANG BAGAIMANA CARA MEMBANGUN KARAKTER ANAK USIA DINI
Bagaiman cara membangun karakter anak sejak usia dini ??
Membangun karakter sedari dini memang sangat penting karena pada saat berumur 0-6 tahun merupakan masa-masa gemilang atau masa emas bagi anak pada masa ini merupakan masa perkembangan dan terbentuknya karakter fisik,mental,dan spiritual. yang mana otak anak berkembang sangat cepat, ia mudah menyerap dan menerima berbagai informasi tanpa melihat baik buruknya informasi tersebut, karakter anak dari usia dini akan terus ia bawa sampai ia tumbuh dewasa, apabila pada saat usia dini ia meiliki konsep diri negative dan perkembangan karakter yang buruk maka hal tersebut akan terbawa sampai ia dewasa yang mana karakter buruk yang sudah telanjur tertanam pada anak akan menjadi hambatan bagi anak kelak. begitu juga sebaliknya apabila anak mendapatkan pendidikan karakter yang baik saat usia dini maka akan terbentuk konsep diri yang positif pada anak.
Anak yang mendapatkan pendidikan karakter akan memilki konsep diri yang baik karena melalui pendidikan karakterlh anak belajar mengenal dan memahami dunianya, bagaimana seharunya ia bersikap nantinya yang sesuai dengan nilai-nilai, norma atau aturan yang ada di masyarakat. Karakter bukan sepenuhnya bawaan dari lahir saat anak berumur 0-6 tahun maka penanaman atau perkembangan karakter akan berkembang dan lingkungan (keluarga,lingkungan sekitar) memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap pembentukan karakter anak usia dini karena dari lingkungan anak belajar,memahami,meniru pola prilaku yang ada di sekitarny apabila lingkungan di sekitar anak positif maka akan terbentuk pula karakter positif anak.
Cara-cara yang dapat di lakukan untuk membangun karakteristik Anak usia dini yaitu :
1. Menumbuhkan pemahaman yang positif sejak usia dini, dengan menumbuhkan pemahaman yang positif pada anak maka akan timbul rasa percaya diri pada anak,
2. Biasakan anak untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, dengan berinteraksi dengan lingkungan sekitar maka dari situlah karakter anak akan mulai terbentuk karena anak akan meniru,belajar,memahami prilaku yang ada di sekitarnya jadi sebaiknya kita harus membuat lingkungan menjadi positif bagi anak maka nantinya juga akan terbentuk karakter yang positif pada anak itu.
3. Membangun spiritual dengan tuhan yang maha esa, Semua orang membutuhkan spiritual di dalam dirinya agar ia mendapatkan ketenangan. Agar hidupnya terarah, dengan membangun dan mengenalkan tentang ajaran agama kepada anak maka ia akan tau apa saja yang boleh dan tidak boleh di lakukan menurut agama, apa yang seharusnya di lakukan sebagai makhluk ciptaan tuhan, dengan membangun hubungan dengan tuhan maka akan terbentuk karakter yang sesuai dengan ajaran agama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s