rianiputri

Gagal itu urusan nanti. Yg terpenting, kita berani untuk mencoba dan mencoba!

PENGEMBANGAN RASA INGIN TAHU ANAK USIA DINI

Tinggalkan komentar

eksPENGEMBANGAN RASA INGIN TAHU
ANAK USIA DINI
A. Hakikat Rasa ingin tahu anak
Seperti yang terlihat setiap individu memilki rasa ingin tahu dan tidak ada seorangpun yang tidak memiliki rasa ingin tahu sama sekali,seorang anak akan terlihat rasa keingintahuannya di saat ia mulai bertanya hal-hal yang ia lihat,dengar,amati dan sebagainya. Jika rasa ingintahu anak tinggi maka ia akan lebih aktif bertanya, anak yang rasa ingin tahunya sedang maka ia hanya akan bertanya tentang hal tertentu yang menarik baginya sedangkan anak yang rasa ingin tahunya rendah ia hanya akan bertanya di saat ke adaan memaksanya untuk bertanya karena ia lebih banyak diam atau tidak begitu aktif.
Apa yang di maksud dengan rasa ingin tahu anak ? rasa ingin tahu anak berkaitan dengan respon anak terhadap objek (benda,orang,situasi) yang baru aneh dan asing, di sisi lain rasa ingin tahu anak juga dapat di lihat dari ke inginan anak mengeksplorasi,menyelidiki sesuatu objek,orang,benda dan situasi. Maw and maw mengemukakan cirri-ciri keIngintahuan anak yaitu :
1. Merespon secara positif terhadap unsur,-unsur yang baru,aneh,tidak layak,atau misterius di lingkungan mereka dengan cara mendekati,memeriksanya,memperhatikannya
2. Memperlihatkan kebutuhan atau ke inginan yang tinggi untuk mengetahui tentang dirinya sendiri ataupun lingkungannya.
3. Mengamati lingkungan untuk mencari pengalaman baru
4. Penuh perhatian memeriksa dan menyelidiki rangsangan yang ada.
Di sisi lain Curtis mengatakan rasa ingin tahu terlihat dalam hal :
1. Mereaksi dengan cara positif terhadap sesuatu yang baru,asing,aspek yang tidak pantas dari lingkungan dan mengobservasikan secara hati-hati,mendekatinya,melakukan manipulasi,mencari informasi tentang sesuatu
2. Tahan dalam menilai dan mengekplorasi stimulus untuk lebih mengetahui stimulasi tersebut.

B. Perkembangan Rasa Ingin Tahu Anak
Rasa ingin tahu pada individu untuk mengenal lingkungannya sudah terlihat sejak bayi, bentuk penguasaan lingkungan tersebut di perlihatkan saat anak berguling,menjangkau,duduk,berdiri,berjalan,dan berbicara. Bayi akan memalingkan anggota tubuhnya terhadap rangsangan cahaya,dan bunyi-bunyi benda di sekitar mereka. Bayi semenjak memiliki rasa ingin tahu mereka memiliki kapasitas untuk melakukan sesuatu yang baru,asli dan menakjubkan, ‘Shapiro’ mengatakan bahwa sejak awal kehidupan bayi mempunyai rasa ingin tahu tentang duniannya.
Bayi yang sehat banyak menghabiskan waktu mengeksplorasi, menginvestigasi,mengembangkan bahasa,dan bertanya secara terus menerus, pentingnya menstimulasi rasa ingin tahu anak agar menjadi pondasi untuk tingkah laku yang lebih kompleks seperti berfikir logis,pemecahan masalah dan kompetensi sosial.
Bredkamp (1987) mengatakan bahwa bayi dan usia dini belajar dengan mengeksperimen lingkungan melalui melihat, mendengar,mencoba,tersenyum dan merasa dan menggerakan anggota tubuh dan belajar melalui interaksi social.
Reaksi bayi mengekspresikan ke ingin tahuannya dengan menegangkan otot muka,membuka mulut,menjulurkan lidah dan mengerunyutkan dahi. Reaksi keingintahuan juga di perlihatkan bayi melalui mengamati,menjangkau dan memeriksa tangan dengan memegang menggoyangkan segala sesuatu yang ada dalam jangkauan mereka. Pertambahan usia dan pengalaman anak menjadikan rasa ingin tahu mereka semakin besar yang mana rasa ingin tahu yang ada pada anak tidak hanya mengenai dirinya tetapi juga lingkungannya.
Mayesky mengatakan bahwa setiap anak memiliki cara sendiri dalam merespon terhadap dunianya. Mereka menginvestigasi dan menemukan sesuatu dan mereka sangat kreatif dalam menemukan jawaban atas pertanyaan atau permasalahan yang muncul dari rasa ingin tahu merek, anak juga secara aktif mencari penertian dunia mereka, situasi yang dapat menimbulkan rasa ingin tahu anak bervariasi.

Keinginan anak terhadap diri sendiri terlihat dari bentuk keinginan mereka mengetahui tubuh,bagian-bagian tubuh, fungsi masing-masing bagian tubuh mereka. Selain itu rasa ingin tahu anak juga berkembang atau tertuju pada orang lain, misalkan pada temanya : mengapa sedih ? dimana ia tinggal ? ataupun makanan yang sedang ia makan,dan lain sebagainya. Anak usia dini juga memiliki rasa ingin tahu terhadap kebutuhan yang biasa di pakai sehari-hari sepert merek sabun,odol,sampo,makanan yang mereka makan dan juga mainan yang selalu mereka mainkan.mereka selalu memperhatikan lingkungannya sedikit ada perubahan maka akan menimbulkan pertanyaan bagi mereka,
Ketika anak usia dini sudah mulai bisa membaca maka mereka mulai mengganti cara bertanya dengan membaca dan menjelajah.”lein and O’donel mengatakan bahwa anak pra sekolah kelihatannya punya energy yang tak terbatas,mereka menyelidiki lingkungan social dan lingkungan fisiknya,mereka bertanya tentang permasalahan yang luas dalam masyarakat.mereka juga akan merasa heran tentang kelahiran,kematian,seks,kesepian, tingkah laku baik atau buruk.anak yang berumur 4 tahun menyenangi berbagai pengalaman dan melakukan aktivitaas motorik halus dan kasar,.
C. Strategi dalam pengembangan rasa ingin tahu anak
Rasa ingin tahu harus di kembangkan sejak dini karena ini akan menjadi batu lompatan bagi anak untuk mengetahui banyak hal tentang yang ada pada dirinya ataupun lingkungannya, rasa ingin tahu juga akan menjadi pondasi dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah.strategi yang bisa di lakukan pendidik dalam mengembangkan rasa ingin tahu anak yaitu :
1. Membuat atau Menyediakan program aktivitas yang sesuai dengan minat dan kebutuhan anak, dengan di susunnya program yang sesuai dengan minat dan bakat anak maka anak akan lebih terdorong lagi untuk menemukan hal-hal baru, sebelum membuat rancangan program guru perlu mencari tau minat anak terlebih dahulu, hal yang harus di lakukan di lakukan guru dalm membuat rancangan program aktivitas yaitu :
1. Menyediakan berbagai aktivitas dan material yang kaya untuk di pilih, program tersebut akan menarik perhatian anak dan meningkatkan kemandirian dan kesempatan untuk memebuat keputusan.
2. Menugaskan anak memilih untuk berpartisipasi dalam kelompok kecil atau sendiri.
3. Membantu dan membimbing anak saat ia mengalami kesulitan
4. Menyediakan kesempatan kepada anak untuk memilih melakukan aktivitas sendiri yang di senangi anak.
2. Menyiapkan lingkungan yang merangsang rasa ingin tahu anak, hal yang harus di lakukan guru dalam mengenalkan lingkungan kepada anak yaitu :
1. Memperkenalkan ke anehan ,sesuatu yang asing, mengherankan dan baru
2. Menyediakan lingkungan yang memiliki pengaruh nyata terhadap lingkungan anak
3. Menyediakan kesempatan kepada anak untuk menginvestigasi minat individual mereka
4. Memberikan anak pilihan-pilihan dalam melakukan aktivitas
5. Dan menyediakan suatu atmosfir yang baik bagi anak agar dapat mengajukan pertanyaan tanpa di bebani rasa takut.
3. Memelihara kesehatan anak melalui pemberian gizi yang cukup, memeriksa kesehatan secara rutin dan mengobati anak jika mengalami gangguan kesehatan, mendorong anak untuk melakukan aktivitas yang menunjang kesehatan seperti olah raga karena anak yang memiliki kesehatan yang baik maka ia juga akan baik mengekspresikan rasa ingin tahu nya.
4. Memberikan berbagai pengalaman,memberikan materi yang berisi segudang variasi akan menarik bagi anak untuk mengetahui hal-hal baru dan ini akan menambah pengalaman anak.tentunya harus di pilih yang menarik bagi anak, misalkan mengajak anak ke sawah melihat orang menanam padi maka itu akan menjadi pengalaman dan pengetahuan bagi anak
5. Memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan aktivitas yang di sukai.
6. Menciptakan rasa aman,tentram, dan akrab dengan anak karena semua itu akan mampu membuat anak mengekspresikan rasa ingin tahu anak lebih tinggi.
7. Menyediakan model orang yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, seperti model teman sebaya,buku, dan model dari pendidik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s